Search

Deteksi Dini,Siswa MAN 1 Bandarlampung Jalani Screening Kesehatan

Deteksi Dini,Siswa MAN 1 Bandarlampung Jalani Screening Kesehatan

Deteksi Dini,Siswa MAN 1 Bandarlampung Jalani Screening Kesehatan

Bandarlampung,MAN (Humas).Sejumlah siswa MAN 1 Bandarlampung menjalani screening kesehatan di Ruang UKS sebagai bagian dari program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 1 Bandarlampung,Rabu (21/08/24).

Kegiatan ini melibatkan berbagai petugas kesehatan,termasuk anggota UKS MAN 1 Bandarlampung,dan tenaga medis dari Puskesmas Rawat Inap Permata Sukarame.

Program ini bertujuan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dimiliki siswa sehingga dapat segera ditangani sebelum menjadi lebih serius.

Proses teknis pelaksanaan dirancang sedemikian rupa,di mana para siswa bergantian mengikuti tahap screening yang dimulai tahap pemeriksaan yang mencakup pengukuran berat badan (BB),tinggi badan (TB),tekanan darahpemeriksaan gula darah acak (GDA),dan pemeriksaan HB bagi siswi putri selama tiga hari.

Sebagaimana yang disampaikan Pembina UKS MAN 1 Bandarlampung,Adelarina,proses screening tidak sekadar identitas faktor risiko penyakit tidak menular,tetapi juga sebagai bentuk edukasi untuk mendorong gaya hidup sehat dan pencegahan dini.

"Melalui program ini, madrasah dapat memastikan bahwa para siswanya mendapatkan perhatian kesehatan yang memadai yang pada gilirannya akan mendukung prestasi belajar mereka,"tandas Adelarina.

Kepala MAN 1 Bandarlampung,Lukman Hakim turut memberikan pernyataan mengenai pentingnya kegiatan ini.Dikatakannya,kesehatan adalah faktor yang memengaruhi prestasi akademik dan kesejahteraan para siswa.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memastikan bahwa setiap siswa dalam kondisi kesehatan yang optimal untuk belajar dan berkembang,"ungkap Lukman.

(HrS/Aska69/AS/Yn).



Tags: